Minggu, 20 Maret 2016

Tugas Makalah Makanan Favorite


KATA PENGANTAR


Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT semoga rahmat dan keselamatan dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, para sahabat dan umatnya. Sehingga, saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat pada waktunya serta tanpa ada suatu halangan apapun .
Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang kita nanti – nantikan syafaatnya di dunia dan di akhirat. Tugas makalah ini saya susun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Ilmu Budaya Dasar (IBD) semester 2 tahun 2016.  Karya tulis ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karenanya kritik dan saran sangat diharapkan demi perbaikan tulisan-tulisan berikutnya. Akhir kata saya berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca sekalian



Rizsa Noorsita Amelia, Maret 2016
Penulis,


  







BAB I
PENDAHULUAN


1.1               Latar Belakang

Makanan adalah bahan yang biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dan nutrisi. Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi secara antropometri
Pada umumnya setiap manusia membutuhkan makan dan dari semua makanan yang pernah dimakan atau dicoba pasti setiap manusia mempunyai makanan favorite masing-masing. Dan itu tergantung dari cita rasa mulut masing-masing, apalagi yang pecinta makanan khas daerah masing-masing.
Jika ingin menentukan makanan apa saja yang akan kita minati maka tentu saja kita pasti akan memilih makanan yang bersih, bergizi, lezat dan banyak khasiatnya .
Makalah yang saya buat ini saya mengambil referensi dari makanan favorite yaitu Sambel Tumpang yang khas dari daerah Boyolali (Jawa Tengah). Semua keluarga saya menyukai Sambel Tumpang karna pedas dengan campur sayur bayam yang segar dan lezat sehingga ingin menambah terus










        Tujuan

          Adapun tujuannya adalah sebagai berikut :
1.Mengetahui apa itu sambel tumpang?
2.Bagaimana cara proses pembuatannya?


BAB.II
Pembahasan

     1.     Sambel Lethok atau sambal tumpang adalah makanan khas Boyolali. Salah satu makanan yang banyak dijumpai di Boyolali (Jawa Tengah). Biasanya, Sambel Tumpang ini dicampur dengan nasi atau bubur, sayur, dan tahu. Sebenarnya Sambel Tumpang ini lebih umum disebut dengan sambal tumpang, akan tetapi di Boyolali tempat mama saya tinggal banyak menyebutnya dengan Sambel Tumpang. Sambal tumpang ini sebenarnya tidak hanya ada di Boyolali, tetapi juga ada di Solo dan sekitarnya dengan nama sambal tumpang. Tapi bagi saya, Sambel Lethok atau sambal tumpang khas Boyolali nendang rasanya, mengapa? Bukan karena pedasnya saja tapi juga cara dan bahan pembuatnya yang memakan waktu lumayan lama.

Tidak semua orang menyukai sambel tumpang. Aromanya yang mungkin sedikit asing bagi yang tidak biasa atau belum pernah makan makanan ini. Sambel Tumpang hadir dengan warna coklat yang jika kita amati lebih dekat terlihat potongan cabai, tahu, dan kedelai. Kedelai yang dimaksud ini berasal dari tempe yang merupakan salah satu bahan pembuat Sambel Tumpang ini. Sambel Tumpang warnanya bervariasa dari coklat pekat, coklat pucat, dan sebagainya, ini tergantung dari cara pembuatannya masing-masing.

Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat Sambel Tumpang ini? Bahan utamanya adalah tempe. Berbeda dengan kebanyakan sambal tumpang yang menggunakan tempe biasa, Sambel Tumpang ini menggunakan tempe bosok atau tempe busuk. Mama saya bilang, yang bikin rasa Sambel Tumpang khas Boyolali ini nendang itu karena menggunakan tempe busuk.





     2.     Resep dan contoh gambar dari Sambel Tumpang

     Bahan-bahan Sambal Tumpang :
·        Tempe semangit 3 bungkus
·        Daun salam 2 lembar
·        Daun jeruk purut 1 lembar
·        Lengkuas 2 cm
·        Cabai merah 4 buah
·        Cabai rawit 5 buah
·        Bawang merah 2 siung
·        Bawang putih 3 siung
·        Kencur 1 iris
·        Kelapa parut 
·        Gula jawa



Cara Membuat Pembuatan

1. Pertama rebus tempe, cabai merah, cabai rawit, bawang merah,  bawang putih, kencur,laos hingga semua empuk
2. Selanjutnya haluskan dengan menambahkan lengkuas, gula, dan garam
3. Kelapanya disantan
4. Hancurkan tempe yang sudah direbus lalu campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan
5. Setelah itu masak santan, masukkan bumbu halus, tahu, tempe, daun salam, dan daun jeruk, masak hingga semua harum
6. Setelah siap, anda bisa menyajikannya bersama sayur yang sudah direbus














BAB.III
Kesimpulan

Makanan favorite saya adalah sambel tumpang, dengan berbagai khasiat dan cita rasanya yang begitu lezat. Semoga apa yang telah saya bagikan lewat makalah ini bisa memberikan inspirasi atau pengetahuan kepada pembaca .

Saran
Sebaiknya kita memilih makanan favorite yang kaya akan kandungan gizinya dan bisa memilih dengan baik mana yang baik dikonsumsi mana yang tidak





2 komentar: